1

Lulus atau Tidak Lulus (Manusia dan Kegelisahan)


Jika dijelaskan dengan kata-kata saya bingung apa pengertian dari kegelisahan itu sendiri. Tapi saya sudah pernah mengalami perasaan gelisah dalam kehidupan saya, perasaan gelisah itu tidak dapat ditutupi dengan apapun dan perasaan ini sangat menggangu dalam tingkah laku serta pikiran. Terkadang kita melakukan sesuatu yang tidak wajar karena gelisah terhadap sesuatu. Misalnya dalam kehidupan saya ketika saya sidang penulisan ilmiah saya. Saat-saat menjelang mau sidang saya bisa mengkontrol perasaan gelisah saya, berusaha tenang karena saya tidak mau sidang penulisan ilmiah saya menjadi berantakan karena sikap khawatir saya yang tidak pernah mengalami hal ini sebelumnya jadi tidak pernah tau simulasi sidang itu seperti apa rasanya. Ketika saya dipanggil untuk memasukin ruangan sidang, terjadi kerusakan pada flashdisk saya lalu saya diberi kesempatan untuk memindahakan data-data yang saya perlukan untuk presentasi dengan notebook di luar. Tentu saja perasaaan khawatir semakin tinggi karena saya takut apa yang saya sudah buat tidak dapat ditampilkan pada sidang nanti. Tapi saya beruntung karena masih bisa memindahkan data-data saya setelah itu saya pun masuk lagi ke dalam ruangan sidang, karena sikap tidak siap saya pada kesempatan presentasi pertama saya, saya pun disidang dengan sangat mendetail karena para penguji ingin menguji seberapa jauh saya menguasai materi yang saya buat. Salah satu dari penguji pun mengatakan yang mebuat saya sangat khawatir terhadap kelulusan saya. Disaat-saat menanti pengumuman saya pun menangis sebagai ungkapan rasa kegelisahan saya. Teman-teman saya memberi dukungan kepada saya pada saat itu saya sangat berterima kasih kepada mereka. Setelah proses sidang semua selesai tibalah pengumuman kelulusan. Kami semua yang disidang dikumpulkan pada semua ruangan serta dibagi beberapa kelompok. Lalu kelompok saya dinyatakan semua lulus, perasaan  khawatir, sedih, takut pun semua hilang. Saya sangat senang pada saat itu dan pulang ke rumah dengan perasaan lega dan tidak sia-sia.

1 comments:

Rydh Frds mengatakan...

Yeah, I was there.

Posting Komentar