0

MEKANISME KOMUNIKASI ANTARA KOMPUTER DENGAN PEMANCAR RADIO


Pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang mekanisme komunikasi antara komputer dengan pemancar radio dan modem radio sebagai media transmisi.Gambar di atas merupakan skema dari komunikasi tersebut, yang terdiri dari :
  • Sumber (Resource) : Komputer
  • Media Transmisi : Modem Radio
  • Penerima : Pemancar Radio


Uraian Mekanisme :

  1. Data digital yang ada dikomputer dikirmkan ke kartu jaringan lalu diteruskan ke modem radio melalui media kabel. Sebelum data tersebut dikirmkan, kartu jaringan harus disinkronisasikan dengan modem, dengan cara melakukan konfigurasi IP ADDRESS pada kartu jaringan dengan modem radio.
  2. Setelah IP ADDRESS pada kartu jaringan dan modem radio telah terkonfigurasi, untuk memastikan bahwa kartu jaringan dengan modem radio terkoneksi maka harus dilakukannya perintah PING antara kartu jaringan dengan modem radio melalui command prompt, apabila hasil perintah PING menampilkan 'reply' ini menunjukan bahwa kartu jaringan telah terkoneksi dengan modem radio.Namun jika hasil perintah PING menampilkan 'request time out' ini menunjukan bahwa kartu jaringan tidak terkoneksi dengan radio.Jika hal ini terjadi maka harus melakukan konfurgasi ulang.
  3. Jika kartu jaringan dengan modem radio telah terkoneksi, data yang terdapat pada kartu jaringan komputer dikirimkan ke modem radio. Fungsi dari modem radio adalah untuk merubah data digital menjadi data analog dan sebaliknya. Data analog yang dihasilkan modem radio dikirimkan ke pemancar radio sehingga data tersebut dapat menghasilkan informasi.
sekian artikel dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan artikel ini saya dedikasikan sebagai tugas komunikasi data dan jaringan komputer.



0 comments:

Posting Komentar